Friday, September 11, 2015

Cara mengamankan akun facebook dari hacker

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sedang ramai di dunia maya (Cyber world), mulai dari anak – anak, remaja hingga dewasa. Walaupun sebenarnya facebook hanya dapat digunakan oleh remaja tetapi banyak anak – anak yang menggunakan facebook, bagaimana caranya? Dengan menggunakan tanggal lahir palsu (Mohon jangan ditiru :D )
http://freetutorial12.esy.es/files/CMAFDHL.png
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Dibalik keseruan bermain facebook, ternyata ada orang yang mampu meretas akun facebook anda walaupun anda tidak memberikan akun facebook anda kepada orang tersebut, itu mungkin tidak terlalu bermasalah jika akun facebook anda tidak berisi data – data pribadi, namun jika berisi data pribadi maka data anda bisa diumbar. Bahaya bukan?
Oleh karena itu anda harus menghindari peretasan akun oleh para hacker, apa itu hacker? Sebut saja sebagai peretas karena tidak akan saya bahas di artikel ini, Lalu bagaimana cara mengamankan akun facebook dari para hacker? Mari ikuti tutorial mengamankan akun dari para hacker :)
1.Memilih password yang tepat
A.Tidak menggunakan password yang berupa kombinasi huruf atau angka, beberapa contoh kombinasi password tersebut adalah “123456789”, “abcdefgh”, “qwerty” dan masih banyak lagi.
B.Tidak menggunakan password yang berupa suatu kata – kata yang ada di dalam kamus kemudian ditambahkan dengan angka, beberapa contoh kata – kata dalam kamus adalah “saya123”, “cerdas99”, “cepat111”, “password12”, “passwordsaya00” dan masih banyak lagi
C.Tidak menggunakan password yang berupa informasi mengenai anda ataupun orang yang dekat dengan anda seperti nama anda, tanggal lahir, tempat lahir, nama pacar, tanggal jadian, nama organisasi, nomor telepon dan lain – lain. Beberapa contoh password tersebut adalah “yasmin123”, “21032015”, “jakarta12”, “12september” dan masih banyak lagi.
D.Tidak menggunakan password yang sama dengan akun sosial media milik anda yang lainnya, karena jika 1 kena hack maka bisa jadi akun lainnya juga akan terkena hack
Diatas merupakan 3 cara memilih password yang benar, diharapkan anda untuk tidak menggunakan password yang sama ataupun mirip dengan contoh password diatas. Contoh password yang aman adalah “Ih@ve100$” cara menghafalnya adalah dengan cara mengartikannya terlebih dahulu:
I:Saya
h@ve:have (Punya)
100$:100 dolar

2.Tidak memasukan data akun ke situs selain facebook
Zaman sekarang banyak sekali orang yang membuat situs yang mirip dengan situs aslinya, membuat situs dengan embel – embel dapat mendapatkan sesuatu, membuat situs dengan embel – embel akan bisa mengganti nama yang sudah limit dan lain – lain. Situs seperti itu biasa disebut dengan phising, yang diambil dari kata “fishing” yang artinya memancing. Memancing disini diartikan bukan memancing ikan, tetapi memancing orang lain agar memasukan datanya ke situs mereka.

3.Mengecek apakah pc yang anda gunakan tidak terjangkiti keylogger
Alasannya adalah karena keylogger akan menyimpan semua hasil ketikan keyboard, itu artinya email dan password anda juga akan tersimpan, bagaimana cara mengeceknya? Lihat pada artikel Cara mengetahui apakah komputer terjangkiti keylogger.

4.Jangan pernah memberitahukan data akun anda ke orang lain
Untuk alasan ini sudah jelas, karena jika orang lain mengetahui data akun anda maka orang tersebut akan mudah untuk mengambil alih akun facebook anda. Jadi, anda jangan memberitahukan data akun anda ke orang lain.

5.Pastikan untuk mengeluarkan akun email saat anda sudah berhenti menggunakan facebook (Jika anda login akun email facebook anda)
Alasan ini dikarenakan jika orang lain telah mempunyai  kendali pada email anda, maka orang tersebut dapat menggunakan fitur lupa kata sandi pada facebook untuk mengambil alih akun facebook anda.

1 comment:

  1. Been using Kaspersky protection for many years now, I would recommend this solution to all of you.

    ReplyDelete

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)