Tuesday, January 6, 2015

Cara mudah screen shot di pc

Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Screen shot merupakan menjadikan hal yang ditampilkan di dekstop menjadi sebuah gambar. Screen shot sering digunakan untuk memperjelas artikel, memberikan petunjuk dan masih banyak kegunaan lainnya.
Untuk melakukan screen shot anda tidak perlu menggunakan software, karena dalam keyboard sudah disediakan fitur screen shot dengan bantuan software paint pada windows anda. Tombol yang digunakan untuk melakukan screen shot adalah tombol “Prt Sc SysRq”.
Walaupun terdapat dalam keyboard, tetapi banyak sekali orang yang tidak mengetahui fungsi tombol tersebut dan banyak juga yang mengetahui fungsinya tetapi tidak mengetahui cara menggunakannya. Padahal untuk menggunakannya sangatlah mudah.
Yang dibutuhkan untuk screen shot adalah dekstop yang ingin di scren shot dan paint. Tidak banyak bukan? Hanya 2 software itu, maka anda bisa mengscreen shot dekstop di pc anda.
1.Pastikan anda sudah masuk pada hal yang ingin anda screen shot kemudian tekan tombol “Prt Sc SysRq” pada keyboard anda kemudian anda buka program paint pada windows anda dan pilih tombol paste pada paint atau tekan ctrl + v maka akan muncul dekstop yang telah anda screen shot saat menekan tombol “Prt Sc SysRq”.
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
2.Kemudian pilih ikon yang saya beri tanda panah berwarna merah dibawah ini, kemudian anda pilih area yang akan anda potong dengan menggunakan tools tersebut. 

Sumber gambar: www.freetutorial12.com
3.Setelah itu maka akan menjadi seperti yang ada dibawah ini,kemudian agar anda mendapatkan gambarnya secara kecil anda dapat klik ikon crop.
 
 
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
4.Setelah mengklik ikon corp maka akan tampak seperti ini, kemudian anda klik ikon bergambar disket untuk menyimpan hasil screen shot anda. 
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
5.Setelah itu silahkan anda simpan dan beri nama sesuai keinginan anda.
Tetapi jika anda ingin mengscreen shot seluruh isi dekstop anda tidak perlu mengikuti langkah nomor 2 dan nomor 3, karena itu berfungsi untuk mengscreen shot beberapa bagian saja.
Selain cara diatas sebenarnya ada cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan software dari dropbox. Mungkin fungsi dropbox adalah sebagai file manager online,tetapi ada fungsi lainnya dari software itu. Software itu juga bisa berfungsi untuk screen shot di pc anda.
Caranya adalah dengan mengklikPrt Sc SysRq maka secara otomatis akan terscreen shot sendiri tanpa harus membuka paint.

2 comments:

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)