Saturday, January 31, 2015

Cara mudah menjaga kesehatan mata

Mata merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan sehari - hari yang kita lakukan. Karena dengan mata anda dapat membedakan warna, menikmati keindahan alam, melihat perbedaan satu dengan yang lainnya dan masih banyak hal yang dapat anda lakukan dengan mata.
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Tetapi sering sekali kita melupakan untuk menjaga kesehatan mata, terkadang kita hanya menggunakan mata tetapi tidak menjaga kesehatannya. Padahal banyak hal buruk yang dapat terjadi jika anda tidak menjaga kesehatan mata anda, antara lain adalah penyakit mata minus, plus dan katarak.
Jika penglihatan anda terganggu tentu saja anda akan merasakan rasa tidak nyaman bukan? Apa lagi jika memang sudah tidak bisa melihat? Itu akan menyulitkan aktifitas anda dalam kegiatan sehari - hari. Oleh karena itu anda harus menjaga kesehatan mata, bukan hanya tubuh anda. Mari kita simak bagaimana cara mudah menjaga kesehatan mata.
1.Mengurangi bermain komputer, laptop, handphone, dan menonton televisiSiapa yang kegiatan sehari - harinya tidak memegang gadget? Hampir seluruh anak - anak hingga orang dewasa menggunakan gadget dalam kegiatan sehari - harinya. Tetapi, gadget mempunyai banyak dampak buruk seperti dapat merusak mata anda, membuat anda tidak terlalu sering bersosialisasi secara langsung dan masih banyak dampak negatif yang dapat anda rasakan jika anda sering menggunakan gadget.
2.Tidur secara teratur
Anda harus tidur secara teratur agar mata anda tidak rusak akibat terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit tidur. Hal yang biasa dilakukan untuk alasan begadang adalah bermain gadget, banyak pekerjaan dan tidak bisa tidur. Tetapi anda harus menghindari kegiatan begadang agar mata anda tetap sehat, dan anda juga harus menghindari kegiatan tidur terlalu lama.
3.Jangan membiasakan mengucek mata
Mengucek mata ternyata juga dapat merusak kesehatan mata anda, di tempat saya pernah terjadi matanya berdarah dan buta karena mengucek mata. Hal yang cukup sepele bukan? Tetapi dampaknya besar. Apa lagi jika tangan anda kotor, maka tangan anda dapat merusak mata anda sendiri.
4.Memakan makanan yang mengandung vitamin a
Vitamin a sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata anda. Makanan yang sering dimakan yang mengandung vitamin a adalah wortel. Selain itu, wortel juga mengandung beta karoten yang juga dapat menjaga kesehatan mata anda.
5.Membaca dengan cahaya yang cukup dan jarak yang tidak terlalu dekat
Sering sekali orang membaca dengan cahaya yang gelap yang tentu saja akan merusak mata, dan ada juga orang yang membaca buku terlalu dekat yang juga akan merusak mata anda. Untuk itu, anda harus menghindari kedua hal tersebut agar mata anda kesehatannya tetap terjaga.
Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata, kurang lebihnya mohon maaf karena saya tidak pintar mengenai kesehatan dan saya bukanlah seorang dokter. Saya hanya seorang anak smp kelas 8 yang berumur 13 tahun.

9 comments:

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)