Monday, January 12, 2015

Cara meringankan loading blog

Sering sekali blog yang mempunyai loading ringan dan tampilan yang biasa – biasa saja. Tetapi, lebih banyak blog yang mempunyai loading berat dan tampilan yang sangat luar biasa bagusnya dari pada blog – blog pada umumnya.
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Perlu anda ketahui sebelum memilih template untuk blog anda, apakah visitor lebih menyukai blog yang memiliki tampilan biasa – biasa saja tetapi loadingnya ringan atau blog yang tampilannya modern dan bagus tetapi berat loadingnya?. Jawabannya adalah tampilan biasa – biasa saja tetapi loadingnya ringan, Kenapa? Karena blog yang berat akan lama diakses oleh pengunjung blog anda, terutama bagi yang mempunyai koneksi internet yang tidak cepat.
Tetapi, bukankah pengunjung lebih menyukai blog yang tampilannya bagus? Benar sekali, tetapi jika tampilan blog anda bagus bukan berarti blog anda ringan. Tentu saja pengunjung akan memilih blog yang ringan untuk di akses dari pada blog yang berat. Karena selain menghemat kuota, hal ini juga akan menghemat waktu.
1.Tidak memakai banyak gambar

Gambar mungkin akan berpengaruh untuk memperjelas isi blog anda dan mempercantik blog anda, tetapi pada umumnya gambar memiliki ukuran – ukuran kb sampai mb yang dapat memberatkan blog anda.
Blog yang ringan loadingnya tidak sampai 30 kb, tetapi jika anda memasukan gambar berukuran 50 kb ke dalam blog anda maka tentu saja akan memperberat blog anda untuk di akses. Lebih baik anda mengurangi penggunaan gambar pada artikel dan pada beranda blog anda agar blog anda semakin ringan. Selain itu, jangan lupa untuk mengcompress gambar agar ukuran gambar semakin kecil.
2.Tidak terlalu banyak memasang iklan pada blog
Iklan mungkin akan menguntungkan anda dalam dunia blog, karena dari iklan anda dapat menghasilkan uang. Tetapi pernahkah anda berpikir bahwa iklan akan memberatkan loading blog anda, jawabannya tentu saja iya karena biasanya dalam iklan mengandung gambar.
Selain itu, jika penempatan iklan yang tidak teratur maka tentu saja akan mengganggu pengunjung untuk melihat isi blog anda (Terutama pada iklan melayang). Oleh karena itu anda harus mengurangi penggunaan iklan pada blog anda.
3.Tidak memakai widget yang tidak penting

Hal ini sering sekali dilakukan oleh para pemilik blog untuk mempercantik blognya, terutama bagi para pemula dalam hal blogging. Yaitu memasang widget – widget yang tidak penting di blognya. Lebih baik anda memasang widget – widget umum yang dibutuhkan untuk para pengunjung saja seperti widget popular post, label dan contact admin. Jangan memasang widget yang tidak penting seperti jam, kalender, memberi makan ikan dan juga tombol follow pada blog anda.
4.Mengcompress template anda
Mengcompress template juga termasuk hal yang dapat meringankan loading blog anda, karena ukuran yang tadinya besar bisa diubah menjadi lebih kecil dengan mengcompress template. Dampak negatif mengcompress template adalah anda akan sulit untuk menambahkan script ke dalam template anda melalui edit html. Anda dapat mengcompress template anda di html compressor.
5.Mengurangi penggunaan script yang berlebihan
Menggunakan script untuk mempercantik blog sering sekali digunakan oleh para pemilik blog, tetapi perlu anda ketahui bahwa hal ini dapat memberatkan loading blog anda. Sebaiknya anda tidak memakai script yang tidak berguna seperti tulisan mengelilingi kursor, efek – efek seperti salju dan daun berguguran.
6.Memilih template yang ringan, seo friendly dan responsive
Untuk para pemilik blog yang khususnya pemula dalam dunia blogging, mereka biasanya memilih template – template yang menurut mereka desainnya bagus dan modern. Benar bukan? Tetapi itu lah kesalahan yang anda perbuat, seharusnya anda memilih template yang ringan, seo friendly dan responsive untuk meringankan blog anda. Hal ini juga dapat berpengaruh oleh tingkat seo friendly blog anda, tingkat kesukaan pengunjung kepada blog anda dan juga tingkat blog anda pada search enggine
7.Tidak menggunakan gambar sebagai background blog
Meletakan background dengan gambar sering kali dilakukan oleh para pemilik blog untuk mempercantik tampilan blog mereka, tetapi sebenarnya bukan hanya akan mempercantik tapi juga akan memperberat loading blog anda. Karena ukuran gambar untuk background sangatlah besar, jadi lebih baik anda tidak menggunakan gambar sebagai background blog. Lebih baik anda hanya menggunakan background - background polos seperti putih, hitam dan abu - abu.
8.Tidak menaruh terlalu banyak artikel pada satu halamanMenaruh banyak artikel pada satu halaman sebenarnya tidak terlalu membantu pengunjung, karena itu justru yang akan memberatkan blog anda. Karena pengunjung belum tentu akan memilih semua artikel pada halaman tersebut, oleh karena itu lebih baik dalam satu halaman maksimal hanya 5 artikel.

5 comments:

  1. Begitu ya sob, makasih buat infonya nih..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kalo di wordpress bisa pakai plugin WPSuper Cache

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wordpress memang bagus dalam hal seo friendly, tetapi yang disayangkan wordpress tidak cocok bagi blogger pemula seperti saya :)

      Delete

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)