Friday, January 23, 2015

Cara menulis artikel yang baik dan benar

Banyak sekali blogger yang menulis artikel berkualitas, karena cara – cara menulis artikel yang baik dan benar sudah banyak tersebar di google search enggine. Tetapi masih banyak orang – orang yang menulis artikel tidak berkualitas, tetapi terkadang mereka bukan hanya menulis. Bahkan hanya mengcopas artikelnya tersebut, dan tentu saja artikel tersebut menjadi tidak berkualitas.
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Untuk menulis artikel yang baik dan benar sebenarnya bisa dibilang sulit tetapi juga bisa dibilang mudah. Sulitnya karena anda tidak boleh mengcopy paste artikel dari blog lain dan membuat artikel anda lebih menarik dibandingkan dengan blog lain, sedangkan mudahnya adalah anda dapat membuat artikel dengan gaya bahasa sendiri dan menambah – nambahkan yang kurang dari blog lain (Tetapi jangan copy paste).
Selain menulis artikel yang baik, anda juga harus memilih keyword yang baik agar artikel yang anda buat lebih mudah dipahami oleh pembaca blog anda. Pembaca lebih suka blog yang memberikan penjelasan lebih mendetail, dibandingkan dengan curhat (Menurut saya, mungkin menurut anda berbeda lagi). Jadi lebih baik anda menulis artikel yang sesuai dengan keyword yang anda buat, bukan membuat blog sebagai tempat curhat.
1.Menggunakan bahasa baku
Artikel yang baik
adalah artikel yang menggunakan bahasa baku, karena anda juga mengetahui bahwa google terjemahan tidak mungkin akan menerjemahkan bahasa gaul dan juga bahasa indonesia yang singkat – singkat. Cobalah menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar agar pengunjung blog anda yang dari luar negri mudah untuk memahami apa yang dimaksudkan dalam artikel anda.
2.Menggunakan bahasa yang mudah dipahami
Banyak seorang blogger yang membuat artikel yang tidak dipahami, seperti membuat artikel yang menggunakan bahasa – bahasa yang tidak semua orang ketahui tanpa memberikan penjelasan apapun. Agar pengunjung mudah memahami isi artikel anda, anda juga harus berusaha agar pengunjung memahami isi artikel anda dengan baik dan benar.
3.Menentukan keyword
Dalam penentuan keyword, lebih baik anda memakai keyword dengan panjang 5 – 7 kata/artikel. Selain itu, untuk orang – orang yang sudah mahir, biasanya mereka memvariasikan keyword dengan hasil pencarian terendah. Contoh:
a.Sebelum: Cara menulis artikel yang berkualitas (dengan hasil pencarian 341.000).
Sesudah:Cara menulis artikel yang baik dan benar (dengan hasil pencarian 316.000).
b.Sebelum:Cara menulis artikel berkualitas baik (dengan hasil pencarian 817.000).
Sesudah:Cara menulis artikel yang berkualitas (dengan hasil pencarian 545.000).
4.Menentukan alamat artikel Apa yang dimaksud dengan menentukan alamat artikel? Maksudnya adalah menentukan alamat artikel pada pengaturan posting yang berada di samping kanan agar judul artikel tidak terpotong dalam alamat tersebut. Contoh:
a.Terpotong: http://www.freetutorial12.com/2015/01/cara-menulis-artikel-yang.html
Tidak terpotong:http://www.freetutorial12.com/2015/01/cara-menulis-artikel-yang-baik-dan-benar.html.
5.Memasang kategori pada setiap artikel
Mengapa anda harus memasang kategori pada setiap artikel? Agar pembaca blog anda mengetahui jenis kategori artikel apa yang anda buat, tetapi perlu anda ingat. Jangan asal memasukan kategori seperti artikel komputer dimasukan pada kategori kesehatan.
6.Membuat setiap artikel mempunyai lebih dari 300 kata

Artikel yang berkualitas tentu saja harus memberikan penjelasan secara mendetail. Karena tipe orang berbeda – beda ada yang mudah untuk paham, ada juga yang agak sulit untuk paham. Oleh karena itu anda harus menjelaskan apa yang dimaksud dalam artikel anda, dengan begitu tentu saja panjang kata dalam artikel anda bisa melebihi 300 kata. Tetapi jika anda tidak mampu atau kehabisan akal untuk membuat artikel lebih dari 300 kata, lebih baik anda mempublikasikannya dari pada anda mengcopy paste hasil karya orang lain.
7.Tidak membuat artikel hasil copy paste

Untuk membuat artikel yang berkualitas, tentu saja anda harus menghindari perilaku copy paste dalam kegiatan blogging anda. Karena kegiatan copy paste juga dapat membuat blog anda dihapus oleh google.
8.Menambahkan gambar dalam artikel
Anda harus menambahkan gambar dalam artikel untuk mempermudah pembaca blog anda memahami apa yang dimaksudkan dalam artikel yang anda buat. Tetapi untuk lebih baiknya lagi, jika blog anda dalam kategori – kategori tutorial yang cukup sulit anda dapat membuat video dan menguploadnya ke blog anda.
9.Memberikan penebalan kata dan juga pemiringan kata
Untuk memudahkan pengunjung untuk mencari hal – hal yang penting dalam artikel anda, anda sebaiknya membuat penebalan kata (Bold) dan juga pemiringan kata (Italic) dalam artikel anda. Kalau menurut saya penebalan kata digunakan biasanya untuk keyword dan pemiringan kata bisa dilakukan untuk jawaban , contoh: “Blog adalah sebuah situs yang..).
10.Tanpa menggunakan biaya
Jika anda mempublikasikan sesuatu ke dalam blog, lebih baik anda tidak meminta pungutan biaya terhadap pembaca blog anda. Lebih baik anda membagikannya secara gratis, dari pada memperjual belikannya (Hitung – hitung sedekah).
Untuk mengetahui apakah artikel yang anda buat berkualitas atau tidak, anda dapat membuktikannya dengan melihat apakah artikel blog anda ada yang mengcopy paste atau tidak. Jika ada maka artikel yang anda buat berkualitas, jika tidak bisa jadi juga artikel yang anda buat berkualitas). Karena artikel yang tidak berkualitas tidak mungkin di copy paste.

9 comments:

  1. Selalu ada sumber di setiap artikelnya, itu jauh lebih bisa dipertanggungjawabkan keilmuannya.

    ReplyDelete
  2. mantap gan.
    ini tutor harus dicoba nice post

    ReplyDelete
  3. bagus gan artikelnya, buat belajar biar tulisan saya lebih bagus lagi.

    ReplyDelete
  4. pasti yang dulu sering bolos waktu pelajaran bahasa indonesia kesusahan :v

    ReplyDelete
  5. bagus gan infonya, jadi saya bisa nulis artikelnya lebih bagus

    #teddy juwandi

    ReplyDelete

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)