Sunday, January 4, 2015

Cara melakukan sujud syukur

Sujud berarti berlutut serta menundukan kepala sampai ke lantai sebagai pernyataan hormat dan tunduk kepada Allah Swt. Sujud syukur adalah sujud yang dlakukan seseorang karena mendapatkan suatu kenikmatan atau terhindar dari musibah (Mendapat keselamatan) dari Allah Swt.
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Sujud syukur merupakan bukti bagi seorang hamba untuk bersyukur atau berterima kasih kepada Allah Swt atas segala yang sudah di terimanya.
Setiap muslim wajib bersyukur kepada Allah Swt atas karunia yang diterimanya. Syukur kepada Allah Swt dapat diwujudkan dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Contoh ucapan untuk bersyukur adalah “Alhamdulillah”, sedangkan contoh perbuatan untuk bersyukur adalah dengan melakukan sujud syukur.
B.Hukum sujud syukur
Hukum sujud syukur menurut mayoritas ulama adalah sunah. Seperti dalam hadis berikut.
“Dari Abi Bakrah, sesungguhnya Nabi saw. Apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segera tunduk dan sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Ta’ala. (H.R. Abu Dawud: 2393; Ibnu Majah: 1384).
Berkaitan dengan sujud syukur, Allah Swt. Berfirman sebagai berikut.
Dan (ingatlah) ketika tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatku), maka pasti azabku sangat berat.” (Q.S. Ibrahim/14: 7.
“Maka ingatlah kepadaku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepadaku, dan janganlah kamu ingkar kepadaku.” (Q.S. Al – Baqarah/2: 152)
Dari kedua ayat diatas dan hadis diatas, dapat kita simpulkan bahwa bersyukur atas nikmat Allah Swt hukumnya adalah wajib, sedangkan mengingkarinya hukumnya adalah haram. Bersyukur kepada Allah Swt dengan cara melakukan sujud syukur hukumnya sunah. Dalam arti melakukan sujud syukur jika dikerjakan akan mendapat pahala dan ditambah nikmatnya, tetapi jika ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa.
Kita disunahkan melakukan sujud syukur jika mendapat suatu kenikmatan atau terhindar dari sebuah musibah. Contoh dari mendapatkan kenikmatan adalah dinaikan gajinya, contoh dari terhindar dari musibah adalah selamat dari tabrakan mobil.
Untuk melaksanakan sujud syukur tidak harus suci dari hadas dan najis, sebab sujud syukur dilakukan di luar salat. Akan tetapi, lebih baik dilakukan dalam keadaan suci dari hadas dan najis (baru melakukan wudhu). Dalam melaksanakan sujud syukur kita juga disunahkan untuk menghadap ke arah kiblat.
C.Hikmah jika melaksanakan sujud syukur
Apabila sujud syukur dilakukan dengan kesungguhan dan keikhlasan hati, kita dapat memetik beberapa hikmah yang di dapatnya. Antara lain:
1.Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang telah diberikan dari Allah Swt.
2.Merasa dekat hubungannya dengan Allah Yang Maha Pengasih sehingga memperoleh bimbingan hidayahnya.
3.Memperoleh tambahan nikmat yang telah didapat dan selamat dari siksanya.
D.Tata cara melaksanakan sujud syukur
1.Niat untuk melakukan sujud syukur, bacaan niatnya adalah “Nawaytu sajdatasysyukri lillahi ta’ala” atau dalam bahasa indonesianya adalah “Saya niat sujud syukur karena Allah Ta’ala”.
2.Takbir tanpa mengangkat kedua tangan.
3.Sujud satu kali.
4.Bangun dari sujud, sambil membaca takbir tanpa mengangkat kedua tangan.
5.Salam.

8 comments:

  1. Sip gan infonya menambah wawasan saya.

    ReplyDelete
  2. Hidup ini harus selalu di syukuri dan untuk membuktikan rasa syukur kita kepada sang maha kuasa bisa dengan sujud syukur seperti yang telah di jelaskan diatas, Terimakasih banyak untuk informasinya

    ReplyDelete
  3. Besyukur memang harus dilakukan setiap saat :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah atas segala nikmat yang Allah SWT berikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan :) kalo bisa lakukan sujud syukur, karena bersyukur bukan hanya dengan kata - kata, walaupun ini sunah tetapi cobalah untuk melaksanakannya :)

      Delete

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)