Sunday, February 1, 2015

Tutorial ngeblog untuk pemula

Untuk memulai kegiatan yang dinamakan ngeblog,sebelumnya anda harus mengetahui bagaimana tips - tips untuk ngeblog (Terutama bagi seorang pemula). Tujuan anda mempelajari bagaimana tips - tips untuk ngeblog adalah untuk menjadi seorang master blogger yang handal.
Sumber gambar: www.freetutorial12.com
Tetapi kebanyakan seorang pemula membuat blog tanpa mengetahui bagaimana cara menjadi seorang penulis blog yang baik,bagaimana cara mengatur blog agar terlihat rapi dan lain - lain. Banyak dari mereka yang membuat blog tanpa memikirkan apakah dalam 1 artikel harus ada lebih dari 300 kata atau tidak,sebenarnya dalam 1 artikel harus terdapat lebih dari 300 kata kecuali jika anda sudah tidak bisa berpikir tentang apa yang anda buat. Lebih baik kurang dari 300 kata dari pada memakai hasil karya orang lain.Saya yakin dalam membuat blog anda mempunyai alasan seperti ingin menjadi terkenal,ingin mendapatkan penghasilan melalui blog,hobi menulis artikel,hanya sekedar iseng karena tidak ada kerjaaan dan lain- lain.
Ditemukan juga banyak seorang penulis blog pemula yang tidak ingin berusaha berpikir untuk membuat artikelnya. Padahal,memakai hasil karya orang lain (copy paste) sangat dilarang oleh google dan blog anda akan dihapus oleh blogger. Selain itu blog anda juga dapat dipandang rendah oleh para blogger lain,dilaporkan ke dcma dan terdeteksi copy paste lewat copyscape.
1.Belajar menulis dengan bahasa yang baik
Pernahkan anda berpikir bahwa pengunjung blog anda bukan hanya dari indonesia,dan pernahkah anda berpikir bahwa jika seseorang yang menggunakan bahasa baku mengcopy paste blog anda untuk tugas,presentasi dan lain - lain. Itu tentu akan membuat orang lain kesulitan karena harus mengedit tulisan anda terlebih dahulu.
2.Membuat artikel secara teratur
Dalam menjadi seorang penulis blog,anda harus rajin menulis artikel karena normalnya dalam 1 hari anda harus membuat 1 artikel. Tetapi walaupun teratur anda harus menghindari yang namanya copy paste.
3.Belajar dari situs blog terkenal
Anda harus mempelajari tentang blog dari situs - situs blog terkenal karena mungkin itu adalah tempat yang menjadi sumber inspirasi anda dalam membuat artikel. Karena masalah yang sering didapat adalah bingung ingin membuat artikel tentang apa,oleh karena itu anda harus mempelajari dari situs - situs master blogger seperti mas kolis,trik mudah seo,buka rahasia dan lain - lain.
4.Menerapkan ilmu seo terhadap blog
Anda harus menerapkan ilmu seo terhadap blog anda agar google lebih menyukai blog anda. Jika google menyukai blog anda maka otomatis akan berpengaruh kepada SERP dan blog anda akan lebih mudah terindex oleh google. Anda harus memasang template seo friendly,membuat artikel tentang seo dan membuat agar blog seo 100 %.
5.Mempromosikan blog
Anda harus mempromosikan blog yang sudah ada artikelnya. Hal ini bertujuan agar blog anda dikenal oleh orang lain dan pengunjung blog anda juga akan bertambah. Anda dapat mempromosikan blog melalui google +,facebook,lintas.me,twitter dan lain - lain.
6.Menyubmit blog ke search enggine
Anda harus menyubmit blog anda ke search enggine agar para pengunjung yang menggunakan search enggine tersebut bisa menemukan blog anda dengan mudah. Hal ini juga akan menambah pengunjung pada blog anda. Anda dapat menyubmit blog ke search enggine seperti google,yahoo,bing dan lain - lain.
7.Konten yang berkualitas
Dengan konten yang berkualitas tentu saja pengunjung dan google akan lebih senang kepada blog anda,dengan begitu kemungkinan pengunjung akan sering mengunjungi blog anda untuk menunggu uptade dan mencari - cari hal yang menarik.
8.Merapikan tampilan blog
Pernahkan anda berpikir bahwa tampilan blog yang tidak teratur akan mengganggu para pengunjung anda? Terlebih lagi jika tampilan blog dengan iklan melayang di kanan,kiri,atas dan bawah yang sangat mengganggu. Tentu saja pengunjung juga akan malas melihat blog anda bahkan pengunjung biasanya akan memberhentikan loading dan mencari pada blog lain.
9.Jangan membuat terlalu banyak blog
Jika anda mempunyai banyak blog tentu saja anda harus membuat artikel lebih keras dari pada hanya mempunyai sedikit blog. Jangan berpikir bahwa anda akan copy paste dari blog utama anda karena akan ada kemungkinan blog lainnya akan dihapus dari blogger.
10.Tidak membuat banyak kategori
Terkadang seorang blogger mempunyai banyak kategori dalam jenis yang sama. Tentu hal tersebut akan membingungkan bukan? Anda juga harus berpikir lebih banyak dari pada hanya memiliki satu jenis kategori. Lebih baik memiliki 1 jenis kategori seperti blog ini yaitu kategori tutorial dari pada anda memiliki banyak kategori seperti blog yang biasa anda kunjungi.
11.Melakukan tukar link
Jika anda melakukan tukar link tentu saja anda akan mendapatkan backlink. Selain itu,jika anda melakukannya maka ada kemungkinan pengunjung anda akan bertambah.
12.Memasang iklan
Anda dapat memasang iklan dengan tujuan mendapatkan backlink dan pengunjung. Iklan dibagi menjadi 2,yaitu iklan baris dan iklan banner. Iklan juga tersedia dengan harga gratis dan dengan harga berbayar. Biasanya yang berbayarlah yang berkualitas,tetapi kini banyak situs pasang iklan gratis yang mempunyai alexa rank dan pagerank besar.
Setelah anda mempelajari dan menerapkan 12 tutorial tersebut maka mungkin anda akan menjadi seorang penulis blog yang sukses. Jika anda gagal maka bangkit lagi jangan pernah berpikir untuk menyerah.

10 comments:

  1. Hi, I was researching the net and I discovered your blog. Keep up the great work.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah mengomentari artikel ini walaupun anda menghapusnya lagi :)

      Delete
  3. Yang paling malas buat pemula adalah belajar menulis yang baik dan benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetapi kita harus melawan rasa malas tersebut :)

      Delete
  4. yang susah itu nulis teratur :D
    saya aja terakhir update 3 Agustus
    udah hampir sebulan ga nulis lagi, males

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri juga sudah kehabisan ide dan saya juga sibuk dengan dunia nyata, jadi apa boleh buat, saya berhenti menulis dahulu :D Dari pada copas :D

      Delete

Peraturan dalam berkomentar:
1.Tidak boleh memberi komentar yang bersifat keluar topik, Spam, promosi dan menghina.
2.Tidak boleh berbicara bahasa kasar.
3.Tidak boleh memberi link aktif di komentar (Jika ingin mendapatkan backlink gunakan name/url).
4.Diperbolehkan untuk memberi saran dan kritik.
5.Tidak boleh bertanya hal yang keluar dari topik artikel.
6.Jika tidak mempunyai akun yang diperbolehkan untuk berkomentar, gunakan akun fb. Tetapi jika tidak mempunyai akun apapun gunakan anonymous.
7.Jika komentar anda dihapus, jangan menyalahkan saya.
Silahkan berkomentar :)